Ngobrol Yuk!

Kita semua pasti sering banget dalam beberapa tahun terakhir ini ngerencanain liburan pake internet alias online alias aplikasi mobile. Mulai dari beli tiket pesawat, pesen hotel, dan sebagainya, baik liburan di Indonesia ataupun sampe ke luar negeri.

Traveloka

Traveloka.com

Pasti udah pada tahu dong web atau aplikasi mobile pemesanan online yang namanya Agoda, Traveloka, WeGo, SkyScanner, dan sebagainya. Menurut gua sih, mereka bikin kita lebih gampang ngerencanain liburan kemanapun kita mau pergi, kayak ngecek harga tiket airlines dan harga hotel sekaligus, jadi kita bisa mengira-ngira dan nyiapin budget yang akan kita pake buat liburan kita dari jauh-jauh hari.

Udah pasti ini bikin ngerencanain liburan lebih gampang, karena zaman dulu kalo kita mau ngurus dan ngerencanain budget buat liburan pasti kita kontak ke airlines-nya ataupun ke hotelnya langsung, dan itu akan sangat nyita banyak waktu kita, sangat gak efisien menurut gua. Atau cara paling gampang yang dulu bisa kita lakuin adalah dateng ke Travel Agent, mereka bisa bantu kita, cuma karena mereka itu agen, biasanya harga yang dikasih sedikit lebih mahal dari harga yang udah ditetapin sama airlines ataupun sama hotelnya.

Nah, sekarang, sejak ada pemesanan online, harga-harga jadi pada sangat bersaing, bahkan airlines dan hotel pun makin diuntungin, karena mereka jadi punya partner yang bisa diakses dari mana aja dan kapan aja. Kita juga sebagai customer sangat diuntungin toh, karena kita cuma perlu akses pemesanan online itu aja tanpa harus ngabisin waktu buat nyari harga tiket airlines dan harga hotel secara manual alias kontak mereka satu per satu. Zaman udah berubah banget sekarang.

Kali ini kita akan obrolin dan bagi-bagi tips tentang pesen hotel secara online, karena menurut gua ini komponen yang paling penting dan paling utama dari liburan yang akan kita jalanin. Kenapa? Percuma dong, udah beli tiket pesawat eh malah akhirnya gak dapet hotel, mau tidur dimana? Karena menurut gua tiket pesawat lebih mudah untuk didapet, walaupun kalau detik-detik terakhir harganya akan lebih mahal dari yang seharusnya.

Ini tips-tips yang mungkin bisa dipake pas mau mesen hotel secara online. Tips ini gua kumpulin dari KompasTravel dan Agoda. Dan gua juga ngelakuin tips-tips ini lho pas gua mau pesen hotel secara online.

Agoda

Agoda

  1. Baca Ulasan (Review)
    Ini biasanya dianggap remeh sama beberapa orang yang mau mesen hotel, karena masih ada yang mikir kalo ini mungkin gak bener atau orang iseng aja yang ngisi review di portal pemesanan online ini. Tapi sebenernya sekarang udah gak kayak gitu, karena beberapa yang nge-review di portal pemesanan online, seperti Agoda, Traveloka, dan sebagainya, hampir semuanya menurut gua mewakili, yang pasti review-nya, merupakan pengalaman pribadi mereka ya, dan gak bisa dibilang bener atau gak bener juga, karena pengalaman masing-masing orang pasti beda-beda terhadap hotel tertentu. Jadi biasanya dari review ini, kita bisa liat sebenernya hotel ini bagus atau gak sih, atau sedang-sedang aja, berdasarkan pengalaman orang-orang yang udah pernah nginep di hotel tersebut.
    Ini bisa jadi bahan pertimbangan kita banget lho buat milih hotel, soalnya ada hotel bintang 3 yang ternyata review-nya luar biasa bagus, karena memang kebersihan dan pelayanannya yang oke banget. Jadi review-review ini jangan diremehin ya.
  2. Gunain Filter
    Ini juga salah satu fitur yang berguna tapi agak diremehin sih, menurut gua, padahal kalo fitur filter ini dipake, kita gak perlu ngeliat semua hotel yang kita cari di tempat tujuan liburan kita, mabok juga kan? Nah, biasanya yang bisa kita filter adalah lokasi, harga, rating hotel tersebut, fasilitas, dan sebagainya, sehingga kita bisa milih hotel yang lebih tepat dan cepat buat liburan kita, gak perlu tuh ngeliatin semua hotelnya.
  3. Diskon / Promo tersembunyi
    Ini sebenernya kita harus lebih teliti aja, karena biasanya (contoh) di Agoda, biasanya kalau kita pesen hotel dari Aplikasi mobile (iPhone atau Android) harganya bisa lebih murah daripada buka di Web Browser (PC/Komputer). Kenapa? Karena mereka punya fasilitas/fitur yang namanya Insider Deal atau Mobile Deal, dan ini biasanya harganya lebih murah, sekitar 10%-30%, lumayan banget kan? Bahkan terkadang ada juga yang namanya Flash Deal, dan ini biasanya cuma berlaku 1 hari aja dan diskonnya bisa gila-gilaan, gua pernah dapet diskon harga hotel bintang 5 di Bangkok sampai 50%, ini menarik dan luar biasa murah kan?
    Makanya kita harus pinter-pinter (bahkan mungkin rajin-rajin) ngecek harga-harga ini juga, supaya kita bisa dapetin harga terbaik yang tentunya bisa bikin kita lebih hemat liburannya.

Udah siap ngerencanain liburan sama keluarga? Pastiin pake 3 tips diatas ya, gua berharap oborlan ini bisa bantu kalian yang mau liburan sama keluarga dan semoga liburannya menyenangkan ya.

Enjoy your day!

Cheers!

e.k.p
Founder of NgobrolYuk.com

 

About Ngobrol Yuk!

A blog that shares casual chat around us.
Chat about everything interesting and shares useful information for people around us.

You can chat with us and contribute to share more useful information by sending your Chat to hello@ngobrolyuk.com