Ngobrol Yuk!

Disclaimer: Obrolan ini dibuat berdasarkan pandangan dan pendapat pribadi ya, tanpa ada pesan sponsor lho dari yang kita obrolin!

Pernah nonton film Hollywood yang judulnya Premium Rush? Film yang nyeritain tentang kurir sepeda di New York yang emang jadi andalan warga di New York untuk ngirim dokumen ataupun paket, khususnya yang dibutuhin urgent atau express. Mereka lebih milih untuk pake kurir sepeda karena pelayanannya yang cepet, mengingat New York juga kota yang padet dan sering macet, khususnya kalau jam sibuk (Rush Hours).

Founders of Westbike Messenger Services WMS) Photo Courtesy of Westbike Messenger Service

Founders of Westbike Messenger Services (WMS)
– Photo Courtesy of Westbike Messenger Service –

Ternyata, ini menginspirasi orang Indonesia juga lho, ada 2 orang di Indonesia yang terinspirasi dari film ini, dan akhirnya ngebikin perusahaan layanan antar kurir sepeda di Jakarta. Awalnya karena memang mereka hobi bersepeda, khususnya sepeda fixie yang sempet ngetrend banget di Indonesia, dan mereka gak mau dan gak rela komunitas sepeda fixie mati begitu aja. Mereka berdua adalah Hendi Rachmat dan Duenno Ludissa, mereka ngediriin perusahaan kurir sepeda yang namanya, Westbike Messenger Service (WMS). Tujuannya adalah ngedukung program pemerintah Jakarta untuk mengurangi kemacetan dan tentunya ngebantu kita-kita yang butuh layanan antar express, dan gua rasa sepeda bisa ngebantu banget tuh.
WMS buka dari jam 9 pagi – 7 malem, dengan last order di jam 7 malam, dan mereka lokasinya ada di Pasar Santa. Udah banyak juga beberapa kios retail di Pasar Santa yang pake jasa kurir sepeda mereka dan jadi langganan mereka. Oh iya, area nganternya cuma sekitaran Jakarta aja ya, maklum, kan pake sepeda, jauh-jauh ya susah juga. Kurir sepeda itu emang in-city delivery konsepnya.

WMS sendiri kasih servis yang bagus menurut gua, karena mereka punya servis VVIP yang dalam 2 jam udah bisa sampe tujuan, dan VIP yaitu same day service. Ini menurut gua alternatif yang bagus banget. Sayangnya saat ini mereka juga agak “tercuri” eksistensinya sama ojek berbasis aplikasi yang juga nawarin layanan pengantaran yang sama dengan mereka, malah armadanya lebih banyak, lebih murah, dan lebih “cepet”, tapi malahan bikin macet.
Gua sendiri ngerasa WMS ini harus dipublikasiin lebih lagi, karena mereka punya tujuan yang positif, yaitu ngurangin polusi dan kemacetan di Jakarta. Saat ini emang belum terlalu banyak kurirnya, baru sekitar 15-16 kurir, dan menurut gua ini harus terus didukung, karena selain bantu kita kirim dokumen atau paket secara express, mereka juga bantu lingkungan.

Saat ini servis yang disediain sama WMS memang baru pengiriman dokumen dan paket, dengan harga seperti dibawah ini:

RETAIL :
– VIP 50rb – paket atau dokumen sampai di hari yang sama
– VVIP 100rb – paket atau dokumen sampai maksimum 2 jam setelah paket atau document di pick up

CORPORATE RATE :
– 1 – 20 pengiriman paket atau dokumen per hari Rp. 45.000 per pengiriman
– 21 – 40 pengiriman paket atau dokumen per hari Rp. 40.000 per pengiriman
– 41 dan seterusnya pengiriman paket atau dokumen per hari Rp. 35.000 per pengiriman
Area yang dicover adalah Jakarta Barat, Timur, Selatan dan Pusat.

Menurut gua servis mereka keren banget, bayangin aja, dengan 15-16 kurir sepeda, mereka mau lho nganterin dokumen atau paket, sekitar 2-3 dokumen atau paket per kurir setiap harinya, ini bener-bener usaha yang harusnya sangat bisa dikembangin dan kita dukung sama-sama. It will definitely contribute for zero-emission to happen.

Gua pribadi sih berharap kita bisa lebih peduli sama Jakarta yang jalanannya udah kayak tempat parkir kendaraan bermotor, gua sendiri udah hampir gak pernah ngendarain mobil kalau hari kerja, gua lebih milih naik kendaraan umum, supaya lebih efektif aja, dan tentunya ngurangin macet dan polusi.

Ngutip sedikit dari kata-katanya WMS:

WMS, belasan kurir, dan puluhan pengguna jasa WMS, mungkin kecil di antara belantara Jakarta dengan kemacetan dan polusinya. Namun, bagi mereka yang masih percaya pada kurir sepeda, inilah bentuk aksi nyata untuk Jakarta.
– Westbike Messenger Service –

Semoga obrolan kita kali ini bisa bikin kita semua semakin sadar sama pentingnya ngurangin polusi, dan bisa bikin kita pake jasanya WMS.
Buat yang mau tau informasi lebih lengkap dan lebih detil soal WMS, buka aja website mereka di www.westbikemessenger.com.

Enjoy your day!

Cheers!

e.k.p
Founder of NgobrolYuk.com

 

P.S.:

  1. All photos are owned by Westbike Messenger Service.
  2. Source:
    – West Bike Messenger main website
    VIK – Kompas

 

About Ngobrol Yuk!

A blog that shares casual chat around us.
Chat about everything interesting and shares useful information for people around us.

You can chat with us and contribute to share more useful information by sending your Chat to hello@ngobrolyuk.com