Selamat Hari Bumi 2016

Ngobrol Yuk!

Disclaimer: Obrolan ini merupakan pandangan dan pendapat pribadi dari Sahabat NgobrolYuk.com dan udah direview dan diedit oleh team NgobrolYuk.com, tanpa ngurangin pesen dan isinya.

Saya lihat banyak yang posting di Facebook soal Earth Day yang jatuh pada tanggal 22 April 2016. Kebetulan saya berkecimpung di dunia pariwisata, jadi saya pengen ngobrolin sedikit soal isu lingkungan yang jelas ada hubungannya sama dunia pariwisata.

1 kata, Sampah!

Apa yang salah sama sampah? Gak ada, yang salah tuh manusianya. Terlepas dari gimana perkembangan pengelolaan sampah di Indonesia, saya cuma pengen ngajak seluruh wisatawan untuk ngejaga kebersihan saat kita sedang liburan, dengan gak buang sampah sembarangan, gampang kan caranya.

Manusia pada dasarnya egois, kenapa? Dalam kasus ngebuang sampah, Orang bisa lho tertib di lingkungan terdekat atau terkecilnya (dalam hal ini di lingkungan rumah), tapi kalo udah di luar, Orang cenderung gak peduli. Kenapa begitu?

Menurut analisa saya, Orang yang di rumahnya ngerjain semua kerjaannya sendiri, akan cenderung menerapkan hal yang sama ketika lagi di luar rumahnya. Untuk tipe yang ini, kemungkinan ada anomali juga yaitu pas lagi di luar jadi bisa lebih bertindak sesukanya, kok gitu? Soalnya mereka mikir, kalau di rumah harus serba rapih, karena semuanya harus dia sendiri yang ngerapihin, tapi kalo di luar kan ada orang lain yang ngerapihin, misalnya aja dalam hal ngerapihin linen atau handuk saat stay di hotel atau ngeberesin tray atau alas makan saat makan di foodcourt atau fast food restaurant.

Untuk orang yang di rumahnya serba diberesin oleh asisten rumah tangga, cenderung akan lebih gak peduli lagi soal beginian, karena di lingkungan terdekatnya aja ada orang yang ngebantu dia untuk ngerapihin, apalagi di luar rumah.

Nah, tentu aja, dalam kaitannya dengan Earth Day, saya pengen supaya para wisatawan, khususnya sih yang domestik, entah apa pun itu jenis traveling Anda, baik itu pecinta alam, backpacker ataupun luxury traveling, untuk selalu ngejaga kebersihan objek wisata yang Anda kunjungin dengan minimal gak ngebuang sampah sembarangan ya.

Saya turut prihatin, pas ngeliat gambar kondisi beberapa gunung, yang biasanya jadi favorit para pendaki, yang malah jadi penuh sama sampah pas masa liburan.

Gunung Rinjani Penuh Sampah

Gunung Rinjani Penuh Sampah

Dengan ngebuang sampah sembarangan, kita udah bikin kondisi objek wisata tersebut jadi gak menarik lagi dan kotor. Gimana perasaan Anda pas berkunjung ke suatu objek wisata dengan kondisi yang kotor, banyak sampah berserakan? Apa Anda bakal ngerasa nyaman? Apa Anda bakal berkunjung ke tempat itu lagi atau ngerekomendasiin ke orang lain? Gimana kalo hal ini jadi omongan orang-orang di dunia internasional yang tentunya berasal dari wisatawan asing yang berkunjung?

Pernah dong pastinya kita mikirin dampak dari suatu objek wisata yang kotor terhadap pendapatan asli daerah tersebut, pendapatan devisa negara dari wisatawan asing yang berkunjung, dan tingginya biaya buat objek wisata tersebut?

Ranukumbolo Penuh Sampah

Ranukumbolo Penuh Sampah

Kita biasanya cuma bisa ngeluh, “Koq sekarang tiket masuknya tambah mahal ya?” atau “Koq sekarang tempatnya jadi gak bersih ya?” Jangan lupa lho kalo sebenernya ada peran kita dalam ngejaga kebersihan lingkungan disana, terutama dalam hal ngebuang sampah, itu jelas ngasih dampak yang cukup signifikan.

Peran kami di dunia pariwisata juga gak melulu cuma bertugas untuk memasarkan/nawarin objek wisata, tapi juga ikut ngasih edukasi ke wisatawan untuk tetap ngejaga kebersihan saat berwisata. Bahkan gak jarang, kami juga ngebawa sampah balik ke start point jika emang gak ada tempat sampah di objek wisata tersebut.

Membersihkan Tray Sisa Makanan

Membersihkan Tray Sisa Makanan

Saya optimis kok kalo sebenernya masyarakat Indonesia bisa diedukasi/diingetin soal hal ini, contoh nyatanya yaitu pas akhir Februari 2016 yang lalu, pas saya lagi nunggu jadwal penerbangan di salah satu bandara internasional di Jawa Timur. Pas saat itu, saya lagi duduk nemenin anak saya nikmatin makanan di salah restoran cepat saji, dan saya ngeliat ada 1 keluarga yang lagi makan juga disana. Singkat cerita, keluarga itu selesai duluan makannya dan ngebersihin sendiri sisa makanannya dengan ngebawa tray makanan dan ngebuang sisa makanannya ke tempat yang udah disiapin sama restorannya alias tempat sampah. Ini contoh nyata lho kalo sebenernya masyarakat Indonesia udah punya rasa kepedulian, tinggal gimana kita nularin ini ke temen-temen kita dan orang lain disekitar kita. Budaya Indonesia udah lebih maju dan santun kok dibanding negara lain, cuma kita-nya aja yang kurang nyadarin dan cenderung niru budaya luar.

Semua bisa dimulai dari diri kita sendiri!

Akhir kata, saya cuma pengen obrolan ini bisa ngajak temen-temen supaya sama-sama gak ngebuang sampah sembarangan, jadi kita semua bisa punya lingkungan yang bersih, khususnya objek wisata Indonesia yang sudah indah, supaya jadi lebih indah lagi.

Selamat Hari Bumi 2016!

Rudy
CEO of Salika Travel

 

About Ngobrol Yuk!

A blog that shares casual chat around us.
Chat about everything interesting and shares useful information for people around us.

You can chat with us and contribute to share more useful information by sending your Chat to hello@ngobrolyuk.com