Ngobrol Yuk!

Disclaimer: Obrolan ini merupakan pandangan dan pendapat pribadi dari Sahabat NgobrolYuk.com dan udah direview dan diedit oleh team NgobrolYuk.com, tanpa ngurangin pesen dan isinya.

Hari ini saya baca salah satu berita di Facebook yang sumbernya dari salah satu media Nasional. Beritanya soal pengguna sepeda motor yang sampai saat ini masih suka lewat trotoar yang harusnya dipake sama pejalan kaki.

Jujur aja, ini bikin saya resah banget. Apa yang mau kita warisin buat anak cucu kita, kalo hal sepele kayak gini aja masih dilanggar, bahkan bisa dibilang ngerebut hak orang lain?

Saya jadi inget pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) pas sekolah dulu, atau sekarang disebut PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), soal contoh tindakan bertoleransi dalam kehidupan kita sehari-hari. Kejadian kayak gini yang malah jadi contoh cerminan kita, orang Indonesia, yang gak baik, khususnya terkait sama budaya tertib dan bertoleransi.
Jelas-jelas trotoar itu buat pejalan kaki, tapi kok masih aja dipake sama pengguna sepeda motor. Gak ngerasa bersalah dan gak mikirin lagi kalo yang mereka lakuin tuh bahaya buat pejalan kaki. Seakan-akan gak PEDULI dan cuma mentingin keinginannya sendiri. Nah, ini balik lagi ke masalah dasar manusia, Egois.

Anak Kecil Pemberani

Anak Kecil Pemberani

Sampe akhirnya muncul berita soal orang yang nutup trotoar, karena dilewatin sama pengguna sepeda motor di Jakarta, bukan cuma orang dewasa, tapi ada juga anak kecil. Menurut saya, ini adalah bukti kalo warga masyarakat tuh udah kesel banget, khususnya pejalan kaki, mereka udah gak tahan, ditambah lagi karena sedikit banget aparat yang ngehalangin atau mencegah pengguna sepeda motor untuk ngelakuin ini, dan ini juga nunjukkin kalo masih banyak orang-orang Indonesia yang gak disiplin.

Terus, kalo kejadian kayak gini terus keulang, rasanya kita bakal punya budaya baru yang buruk, masa kita mau hal kayak gini jadi budaya negara kita? Kalo ini jadi budaya umum, kasian juga kan anak dan cucu kita nantinya.

Semoga kita semua bisa makin disiplin dan fasilitas umum juga bisa dipake sesuai dengan fungsi yang seharusnya.

Enjoy your day!

Rudy
CEO of Salika Travel

 

Sumber:

  1. http://megapolitan.kompas.com/read/2016/05/03/15324861/Alasan.Alfini.Menghalang.Sepeda.Motor.di.Trotoar.Jalan.Sudirman
  2. Google Image Search

 

About Ngobrol Yuk!

A blog that shares casual chat around us.
Chat about everything interesting and shares useful information for people around us.

You can chat with us and contribute to share more useful information by sending your Chat to hello@ngobrolyuk.com