Ngobrol Yuk!

Pernah tahu kalo ternyata ada waktu terbaik dan terburuk untuk kita nikmatin kopi atau susu, dan juga makanan lainnya?

Gua mau ngobrolin beberapa makanan dan minuman yang ternyata baik dan gak baik kalo kita santap di waktu tertentu. Lumayan juga kan buat bantu yang lagi diet dan mau hidup sehat.

  1. Susu – ternyata waktu terbaik minum susu itu malam hari, kenapa? Soalnya susu itu menenangkan badan dan ngebantu kita supaya bisa tidur lebih nyenyak. Nah, kalo pagi kenapa? Beberapa referensi bilang kalo ternyata minum susu pagi-pagi itu malah bikin pencernaan kita susah dan berat untuk ngeproses susu dalam tubuh, kecuali kita emang rencana untuk olahraga dan/atau ngelakuin aktifitas fisik yang cukup berat, nah itu gak masalah.
  2. Apel – waktu terbaik makan apel itu pagi hari, karena punya serat peptin yang ngebantu mencegah konstipasi alias susah BAB (Buang Air Besar). Kalo kita konsumsi di malam hari malah kurang baik, soalnya asam dari Apel itu sendiri bisa ningkatin kadar asam dalam badan kita, yang efeknya bikin kita gak nyaman, dan si serat peptin itu malah bisa bikin sistem pencernaan kita kerjanya jadi berat malem-malem yang seharusnya istirahat.
  3. Telur – waktu terbaik makan telur itu ternyata pagi hari karena proteinnya yang tinggi itu bisa bantu kita lebih berenergi untuk aktifitas seharian. Kalau kita makannya malem ternyata gak ada efeknya, cuma seperti kita tahu, kuning telur itu kan tinggi kolesterolnya, jadi kurang baik aja kalau makannya malem karena aktifitas kita kan cenderung lebih sedikit dibanding pagi dan siang hari.
  4. Green Tea – ternyata baik diminum 30-40 menit setelah makan, karena akan bantu lebih cepet bakar lemak lho dan bantu kita tetep fit. Disarankan jangan diminum tepat setelah makan, karena ini malah akan menghambat badan kita nyerap nutrisi dari makanan yang baru aja kita makan. Sayang banget kan.
  5. Kopi – ternyata waktu terbaik minum kopi itu pagi menjelang siang (sekitar jam 10 pagi – 12 siang) dan siang hari (sekitar jam 2 siang – 5 sore), karena pada jam segitu lah efek kopi lebih terasa, karena bikin kita lebih tenang dan ngurangin stress. Dan tentunya gak bagus kalo minum kopi malem-malem, karena jelas ini bakal bikin kita kurang tidur, dan pagi-pagi sekali pun gak bagus karena kita juga baru bangun dan cenderung masih seger, jadi efeknya hampir dibilang gak ada.
  6. Nasi – tentu waktu terbaik makan itu itu pas makan siang, karena metabolisme lebih baik pas siang hari, jadi bisa terbakar juga karbohidrat yang kita serap dari Nasi, dan malam kurang bagus makan nasi karena cuma akan bikin gendut. Paling gak itu kata orang-orang sih.
  7. Gula – nah, ini ternyata bagus juga (asal gak banyak-banyak) dikonsumsi pagi-pagi, karena bisa dibakar dalam kegiatan kita seharian itu. Dan tentunya gak bagus untuk dikonsumsi malem-malem, karena bukan cuma ningkatin kadar gula di badan kita, tapi ternyata bikin perut gak enak pas tidur, karena proses pencernaan kita malah akan jadi lebih berat.
  8. Keju – ternyata keju juga bisa milih waktu kapan terbaik untuk dimakan, yaitu pagi-pagi sekali, khususnya buat vegetarian, karena ini akan bisa menggantikan fungsi yang biasa dikasih sama daging. Selain itu bisa mencegah gendut juga lho. Nah, kenapa keju gak bagus dikonsumsi malem-malem? Karena ternyata susah dicerna malem-malem dan bikin gendut lho.

Sekian dulu quick tips hari ini, lain hari kita lanjut dengan tips-tips lainnya ya. Gua pasti akan berbagi lagi kalo ada hal-hal baru yang bisa kita obrolin bersama.

Enjoy your day!

Cheers!

e.k.p

Founder of NgobrolYuk.com!


About Ngobrol Yuk!

A blog that shares casual chat around us.
Chat about everything interesting and shares useful information for people around us.

You can chat with us and contribute to share more useful information by sending your Chat to hello@ngobrolyuk.com