Ngobrol Yuk!

Selamat Ulang Tahun kota Jakarta yang ke-489!

Hari ini, tepat pada tanggal 22 Juni 2016, kota Jakarta berulang tahun yang ke-489, sudah tua? tentu saja, tapi tentunya harapan kita semua adalah supaya kota Jakarta akan selalu muda dan bisa ngebanggain, sebagai Ibukota negara kita, Indonesia.

Apa sih yang kita mau Obrolin soal Jakarta kali ini? Gua sih pengen banget ngobrolin soal kendaraan umum, karena sebenernya ini adalah salah satu dari sekian banyak poin penting buat Jakarta. 2 hal penting yang mau gua obrolin, yaitu kendaraan umumnya itu sendiri dan keinginan kita, sebagai masyarakat, untuk pake kendaraan umum, dibandingin sama naik kendaraan pribadi (mobil/motor pribadi).

Obrolan gua hari ini terinspirasi dari vik.kompas.com yang ngebahas soal apa yang udah dilakuin sama beberapa relawan, supaya Jakarta jadi lebih baik, khususnya yang dilakuin sama Gerakan Naik Kendaraan Umum (twitter: @NaikUmum).

Seperti kita semua udah tahu, Jakarta sekarang ini lagi dibenahin, dengan dipimpin oleh seorang Gubernur, yang menurut gua saat ini bisa kita jadiin panutan, Bapak Basuki Tjahaja Purnama atau sering disapa Ahok.

Salah satu bagian yang dibenahin tentu aja kendaraan umum, seperti Metro Mini, Kopaja, dan sebagainya. Bus Transjakarta pun mulai ditambah armada Bus-nya, sehingga penumpang gak desek-desekan lagi kayak dulu, plus Bus-nya yang juga udah baru dan jauh lebih bagus, bukan Bus-Bus yang udah gak layak jalan lagi.

Bus Transjakarta

Bus Transjakarta

Ngomong-ngomong soal Bus Transjakarta, sekarang ini bahkan kota sekitaran Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang (termasuk Tangerang Selatan), dan Bekasi, udah mulai ngedapetin keuntungannya, walaupun belum terlalu signifikan, yaitu udah ada APTB (Angkutan Pengumpan Transjakarta Bus) yang beroperasi sebagai kendaraan pengumpan dari kota sekitaran Jakarta yang mau pergi ke Jakarta dan nyambung pake Bus Transjakarta.

Detil mengenai Bus Transjakarta, APTB, beserta trayeknya bisa diliat juga di https://id.wikipedia.org/wiki/Transjakarta ya. Lengkap lho!

Ini bisa lho jadi solusi buat warga-warga sekitaran Jakarta yang selama ini susah banget kalo mau dapet akses ke Bus Transjakarta, karena pilihannya cuma angkutan kota atau Ojek. Sekarang jadi punya pilihan tambahan yang murah dan nyaman pastinya. Semoga ini bisa diperbanyak lagi.

Selain Bus Transjakarta, ada juga kendaraan umum yang saat ini lagi nge-trend, yaitu KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line, milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI), yang saat ini udah jauh lebih nyaman, dibandingin 4-5 tahun yang lalu, dimana udah gak ada lagi yang namanya kereta ekonomi, yang jujur aja, kotor dan banyak banget pedagang asongan yang bikin penumpangnya kurang nyaman, ditambah lagi orang-orang yang ngerokok di kereta ekonomi, sama sekali gak nyaman deh sebagai kendaraan umum.

KRL Commuter Line di salah satu Stasiun di Jakarta

KRL Commuter Line di salah satu Stasiun di Jakarta

Sekarang ini KRL semuanya sudah ber-AC dan nyaman, walaupun memang masih dirasa jumlah keretanya kurang banyak, khususnya ketika peak hour (jam ramai – berangkat dan pulang kerja), karena pastinya bisa desek-desekan, sampe berdiri aja susah. Terlepas dari itu semua, KRL jadi salah satu alternatif pilihan kendaraan/transportasi umum yang sangat ngebantu, baik buat warga Jakarta sendiri maupun buat yang berada di kota disekitaran Jakarta. Bayangin aja, kalo kita naik kendaraan pribadi, bisa berapa lama berangkat pagi-pagi dari Tangerang ke Jakarta atau dari Bogor ke Jakarta, bisa 1-1.5 jam perjalanan, bisa-bisa udah stress duluan kan sebelum mulai aktifitas. Bahkan kalo lagi parah banget macetnya bisa sampe 2 jam. Nah kalau naik KRL, jarak terjauh pun paling lama 1.5 jam, itu pun udah termasuk nungguin kereta (transit) dateng. Lebih cepet sampe ke kantor dan ke rumah kan? Gak usah stress nyetir dan macet-macetan lagi.
Ditambah saat ini juga udah difasilitasin sama yang namanya e-Ticket, dalam bentuk kartu prabayar. Kita bisa beli e-ticket harian, e-ticket langganan khusus KRL commuter line, atau bahkan pakai kartu prabayar dari Bank-bank yang saat ini sudah punya kartu prabayar, lebih nyaman dan gampang kan?

Oh iya, 1 hal paling penting dari Bus Transjakarta maupun KRL commuter line, tarifnya itu lho yang murah banget. Contoh: gua kalau berangkat naik KRL commuter line dari Tangerang ke Sudirman, tarifnya cuma Rp. 2,500!!! Mana ada coba kendaraan umum yang ngangkut penumpang dari Tangerang ke Sudirman dengan tarif segitu, apalagi kendaraan pribadi. Ini adalah usaha dari pemerintah, yang menurut gua, harus bisa kita manfaatin dan hargai.

Selama ini kita selalu nuntut supaya pemerintah nyediain fasilitas kendaraan umum buat kita, yang tentu aja butuh waktu dan mahal, tapi ternyata dengan adanya orang-orang yang mau bekerja keras di negara kita, seperti Bapak Presiden, Pak Joko Widodo, Gubernur Jakarta, Pak Ahok, Menteri Perhubungan kita, Pak Ignatius Jonan, dan lainnya, fasilitas dan kendaraan umum mulai terlihat ngebantu banyak banget warga Jakarta dan sekitarnya. Apalagi sekarang ini pembangunan MRT udah mulai keliatan signifikan progressnya di Jakarta, dan kita doain semoga MRT bisa segera ter-realisasi ya, jadi bisa dipake sama kita semua. Tapi inget lho ya, dipake, jangan cuma minta doang.

Nah, ada 2 hal paling penting, yang menurut gua, jadi PR buat kita, yang selama ini nuntut fasilitas/kendaraan umum sama pemerintah, yaitu:

  • Ngerawat Fasilitas Umum!
    Ini penting banget, percuma kita minta ada fasilitas/kendaraan umum tapi ternyata kita sendiri juga gak mau ngejaga dan ngerawat. Jangan dikira ini kewajiban pemerintah doang ya, tapi ini kewajiban kita bersama. Jangan kalo kotor selalu nyalahin pemerintah, kita ngaca juga apa kita dan temen-temen sesama pengguna udah ngejaga kebersihan dan ikut ngerawat fasilitas umum?
    Gua sendiri juga suka ngeluh kok kalo ada bagian-bagian yang kotor atau beberapa fasilitas yang rusak, tapi itu harusnya malah bisa ningkatin kesadaran kita untuk bisa ikut ngejaga dan ngerawat fasilitas itu, bukannya malah cuek dan komplain aja.
  • Pakai Kendaraan Umum, kurangin pakai kendaraan pribadi!
    Ini adalah hal yang paling pamungkas, menurut gua, buat apa kita nuntut pemerintah nyediain Bus Transjakarta lebih banyak, KRL commuter line lebih banyak, MRT, Bus APTB, dan sebagainya, kalau setelah dikasih atau tersedia kita gak mau pake juga. Percuma kan investasi pemerintah kalo kitanya juga gak mau pake.
    Alasannya banyak, armadanya belum banyak lah, masih desek-desekkan lah, copet lah, pelecehan lah, dan masih banyak lagi.
    Okay, gua ngerti kok soal itu semua, gua juga awalnya sama kok, sama sekali gak nyaman dan ngerasa hal-hal itu yang bikin gua gak bakal mau naik kendaraan umum, TAPI dengan kita gak pake fasilitas/kendaraan umum itu, semakin penyedia (dalam hal ini pemerintah) fasilitas/kendaraan umum gak bakal tahu apa yang bisa diperbaiki lagi ke depannya. Justru menurut gua, kalau kita udah pake fasilitas/kendaraan umum tersebut dan kita ngeluh dan nuntut lebih, akan lebih didengerin sama pemerintah, dibandingkan kita ikut-ikutan ngeluh, padahal kita juga gak naik kendaraan umum itu.

Jadi, menurut gua kita semua harus mau ambil bagian. Kalau bukan kita siapa lagi?

Selain kendaraan umum pemerintah, sebenernya banyak juga lembaga-lembaga swasta, yang bisa kita kategoriin sebagai perusahaan swasta besar maupun perusahaan Start-up yang menurut gua juga ngebantu kita nyediain kendaraan umum, sehingga kita gak perlu pake kendaraan pribadi lagi. Kita sebut aja Taksi, Ojek online, Taksi online, bahkan jasa pengantaran online, seperti Go-Jek, Grab, Uber, Happy Fresh, Blue Bird, Express, dan masih banyak lagi. Mereka juga nyediain sarana supaya kita bisa ngurangin penggunaan kendaraan pribadi, karena tarifnya yang bisa dibilang gak mahal.

Dengan kita pake alternatif-alternatif kendaraan umum itu, kita bisa ikut benahin Jakarta, yang tentunya bantu temen-temen kita dan juga pemerintah untuk ciptain Jakarta yang lebih baik, ngurangin macet, dan pada akhirnya, Jakarta bisa jadi lebih nyaman. Kalau Jakarta lebih baik dan nyaman, kita juga kan yang bangga dan nikmatin hasilnya?

Nyok ncang, ncing, enyak, babeh, mari kita buat Jakarta lebih baik lagi, supaya ke depannya Jakarta bisa jadi lebih “Muda”, dan pastinya bisa jadi kebanggaan orang Indonesia, sebagai Ibukota negara.

Dirgahayu kota Jakarta yang ke-489 tahun!
Semoga kita semua bisa bikin Jakarta semakin cihuy dan yahud!

Cheers!

e.k.p
Founder of NgobrolYuk.com

Source:

About Ngobrol Yuk!

A blog that shares casual chat around us.
Chat about everything interesting and shares useful information for people around us.

You can chat with us and contribute to share more useful information by sending your Chat to hello@ngobrolyuk.com