Ngobrol Yuk!

Disclaimer: Obrolan ini merupakan pandangan dan pendapat pribadi dari Sahabat NgobrolYuk.com dan udah direview dan diedit oleh team NgobrolYuk.com, tanpa ngurangin pesen dan isinya.

Ada fakta yang menarik, yaitu ternyata Indonesia dan Korea Selatan merdeka pada hari yang berdekatan. Kalau Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, Korea Selatan merdeka pada tanggal 15 Agustus 1945.
Walaupun cuma beda 2 hari, Korea Selatan yang dulunya lebih miskin dari Indonesia, sekarang ada diposisi papan atas, sebagai Negara Maju.

Hmmm …. hanya berbeda 2 hari tapi bisa berbeda sangat signifikan!

Orang Korea gak ngerayain 15 Agustus-an seperti kita di Indonesia (menurut sumber kami). Mereka cuma ngibarin bendera, that’s it! Gak ada umbul-umbul, spanduk, lomba-lomba, apalagi peringatan yang meriah.

Apa artinya tanpa semua itu mereka gak cinta negaranya? Jawabannya, pasti tidak.
Orang Korea, gak ada yang gak cinta negaranya. Kalau di Indonesia di tiap kantor dipasang foto presiden dan wakil presiden, di Korea mereka cuma masang bendera negaranya. Buat mereka, “Siapapun presidennya, negaraku tetap Korea”.

Setelah Korea merdeka dari Jepang, mereka masih harus melewati fase perang saudara sampai akhirnya pecah menjadi Korea Utara dan Korea Selatan, dan saat itu, orang Korea teramat miskin, sampe makan nasi (yang merupakan kebutuhan pokok) aja susah.
Sampai-sampai setiap ketemu satu sama lain, mereka akan bertanya “밥을 먹었어요?” (“Sudah makan nasi?”), jika belum maka akan diajak makan bersama. Begitu pula dengan kerja keras, udah gak diraguin lagi hasil nyata dari kerja keras Korea Selatan saat ini.

Pesan dari Presiden Korea saat itu,
“Let’s work harder and harder. Let’s work much harder not to make our sons and daughters sold to foreign countries.” (Mari kita bekerja lebih keras dan lebih keras. Mari kita bekerja lebih keras supaya tidak membuat anak-anak kita dijual ke luar negeri)

Dan kemudian ditutup oleh quote ini,
“Now, we promise that we will hand over a good country to our sons and daughters, we will give you the country worthy to be proud as well.” 
(“Sekarang, kita berjanji bahwa kita akan menyerahkan sebuah negara yang baik untuk putra dan putri kita, kita akan memberikan negara yg layak untuk dibanggakan.”)

Bisakah kita lakukan itu buat Indonesia?
Mulai aja dari hal yang sederhana, beli barang produksi Indonesia, bela Indonesia, ngembangin potensi anak muda Indonesia, eksplorasi daerah pariwisata Indonesia, dan sebagainya, bukan karena mau sok nasionalis, tapi karena emang kita bangga jadi anak INDONESIA.

Merdekaaaaa!!!

Dirgahayu Republik Indonesia ke – 71!
Jayalah selalu Negeri-ku tercinta!

Rudy
CEO of Salika Travel

Sumber:

  1. Google Image Search

About Ngobrol Yuk!

A blog that shares casual chat around us.
Chat about everything interesting and shares useful information for people around us.

You can chat with us and contribute to share more useful information by sending your Chat to hello@ngobrolyuk.com