Ngobrol Yuk!

Disclaimer: Obrolan ini diambil dari situs sumber www.otomotifnet.com. Seluruh isi dari obrolan ini merupakan milik situs sumber dan dipublikasikan kembali oleh NgobrolYuk.com.

Pasti kita sering ngalamin ban serep kita belum pernah dipake dong. Ada 2 kemungkinan nih, Pertama, karena memang jumlah kilometer-nya masih sangat sedikit atau mobilnya masih baru banget, dan Kedua, pemilik mobilnya males nge-rotasi Ban. Lho, emang harus dirotasi ya?

Betul, ban mobil emang harus dilakukan rotasi secara berkala, kalau kalian ke bengkel Ban pun mereka pasti nyaranin untuk nge-rotasi Ban mobil kalian secara berkala. Ini dilakuin supaya tingkat keausan sama untuk semua ban. Baik Ban yang sudah terpasang sejak beli, maupun Ban serepnya.

Coba bayangin kalau ban serep gak pernah dipake. Berarti kondisinya gak akan pernah bisa kita ketahui. Kalau suatu saat ban serep itu akan dipake, ban tersebut malah akan sangat berpotensi nimbulin masalah. Kasus paling ringan atau yang paling umum adalah kurang angin alias kempes, dan bahkan dinding ban bisa melekuk kalau posisi ban serepnya ada di bagian bawah mobil.

Berikut adalah beberapa ketentuan soal rotasi ban, yang biasanya juga ada di buku panduan mobil kalian. Kalau sampe ban serep kalian belum turun juga berarti kalian gak pernah buka atau baca buku panduan mobil kalian (seperti saya dulu):

  1. Biasanya di buku panduan Mobil sudah diatur mengenai cara rotasi ban. Rotasi biasanya dilakuin setiap 10,000 KM. Maksudnya adalah supaya tingkat keausan dari ban merata. Di buku panduan mobil juga biasanya mengatur tentang rotasi 5 roda maupun 4 roda. Petunjuk rotasi 4 roda biasanya dipake kalau ban serep mobilnya punya dimensi yang berbeda dengan ban yang terpasang.

    Rotasi Ban 4 Roda (kiri) dan Rotasi Ban 5 Roda (kanan)

  2. Biasanya kalau mobil baru (kira-kira 1,000 KM pertama) hanya kondisi ban yang akan diperiksa oleh bengkel resmi pas kita ngelakuin servis garansi, dan pada kelipatan 10,000 KM baru ban akan dirotasi dan kondisi ban akan diperiksa juga. Ini sangat penting karena kalau tiba-tiba ada ban pecah atau ban serep yang udah jelek/usang, jangan langsung nyalahin pabrikan ban, tapi kita harus instropeksi dulu apakah kita udah pernah ngelakuin rotasi ban mobil kita.
  3. Tingkat keausan ban juga sangat penting perannya terhadap grip, yaitu daya cengkram ban tersebut terhadap aspal/jalanan. Kalau kita ngelakuin rotasi ban, selain ban jadi lebih awet, ini juga bikin semua ban sama kondisi keausannya, jadi daya cengkram ban terhadap aspal/jalanan sama disetiap ban. Gak ada satupun ban yang akan kehilangan grip-nya atau justru terlalu nge-grip, jadi handling mobil akan tetep enak.
    Buat mobil yang ukuran bannya berbeda depan dan belakang, harus bener-bener diperhatiin. Jangan sampe salah pasang dan rotasi, karena akan sangat berbahaya. Ban depan cuma boleh dituker kiri-kanan dengan Ban depan, begitu juga dengan Ban belakang.
  4. Tentunya jangan lupa untuk masang ban serep di salah satu poros. Sebelum dipake, ban serep tersebut harus dibersihin dulu, karena biasanya ban serep itu kotor atau berminyak karena posisinya yang dibawah mobil atau dalam kabin belakang mobil. Kalau ban serep baru turun pertama kali, biasanya harus dipasang dibagian kanan depan.

    Urutan Rotasi Ban Mobil

  5. Dan 1 hal lagi yang paling penting, setelah nge-rotasi ban secara merata, sesuaikan lagi tekanan angin ban. Disarankan untuk mengikuti standar pabrikan yang biasanya ada dipilar pintu, karena kalau gak, akan jadi gak nyaman. Kalau kalian berencana membawa muatan atau penumpang cukup banyak, lebih baik naikkan 1-2 poin dari standar ukuran angin ban standar pabrikan.
    Ini juga bisa ngebantu kalian ngehemat konsumsi bahan bakar.

Gak susah kan nge-rotasi ban mobil kalian? Toh ngerjainnya bisa dilakuin di bengkel resmi, karena biasanya pada kelipatan 10,000 KM kita pasti akan ngelakuin servis berkala ke bengkel resmi kan.

Semoga tips sederhana ini bisa ngebantu kalian, supaya ban mobil kalian lebih awet dan tahan lama.

Cheers!

e.k.p
Founder of NgobrolYuk.com

Source:

  1. Otomotifnet.com
  2. All pictures are from Google and Otomotifnet.com

 

About Ngobrol Yuk!

A blog that shares casual chat around us.
Chat about everything interesting and shares useful information for people around us.

You can chat with us and contribute to share more useful information by sending your Chat to hello@ngobrolyuk.com