Disclaimer: Obrolan ini merupakan pendapat dari penggunaan pribadi, dengan harapan obrolan ini bisa ngebantu sebagai salah satu referensi.

Kali ini gw mau nge-review HP seri terbaru, sekaligus flagship, dari Oppo, yaitu Oppo Reno Series, khususnya yg Oppo Reno 10x Zoom. Setelah beberapa lama gw cari HP baru, khususnya yang punya teknologi kamera yang keren, akhirnya gw menjatuhkan pilihan ke Oppo Reno 10x Zoom. Especially setelah ngeliat beberapa fotografer, seperti Aries Lukman (founder of #Iphonesia dan #EverydayMotret), Benny Lim (founder of Juno Production), dan Heret Frasthio (founder of 2H Production dan Elders’ Garage) yang berpetualang dan motret pake Oppo Reno Series ini, jadi semakin yakinlah gw mutusin untuk beli Oppo Reno Series ini. Thanks to them for convincing me (indirectly, of course) 🙂



Oppo Reno 10x Zoom Tampak Depan & Tampak Belakang

Jujur aja, gw ini iOS-minded banget, jadi pas beli Oppo Reno gw gak terlalu berharap banyak kalo ini bisa jadi daily driver (untuk pemakaian sehari-hari), dan gak terlalu banyak ngarep juga dari Android-based OS (Operating System)-nya, which is ColorOS, bener2 cuma ngarep ke teknologi kameranya aja. But, turned out ColorOS Oppo yang terbaru ini ternyata beda dari yang sebelumnya gw pernah liat dan coba di seri Oppo yang lain, udah lebih smooth dan user experience-nya juga gak gitu beda dengan iOS, at least dari sisi penggunaan, buat gw, gak terlalu banyak adjustment ketika pindah dr iOS ke ColorOS ini, kecuali menu PlayStore & Settings aja, the rests look similar to me. Dan setelah dipake kurang lebih sebulanan ini, rasanya bisa lah ini jadi daily driver. Cuma 1 hal aja dari Android yang menurut gw dari dulu belum bisa ngalahin iOS, yaitu presisi touchscreen-nya, khususnya di Virtual Keyboard-nya, menurut gw sih masih lebih presisi iOS. Well, itu sih personal experience gw ya, mungkin berbeda buat setiap orang 🙂

Untuk hal lainnya, seperti spesifikasi Oppo Reno Series ini, Build quality, Performance, dll., rasanya uda banyak yang review di social media, dan banyak lah yang lebih ahli, jd gw gak akan bahas secara detil ya. Gw cm mau bahas 1 hal aja yang menurut gw harus banget di-Highlight, yaitu storage Oppo Reno 10x Zoom yang kapasitasnya 256GB. Ini sih Absolute Perfect menurut gw, keliatan banget kalo Oppo bener-bener serius jadiin Oppo Reno Series ini the real camera phone, sebagai flagship produk-nya mereka. Dan dengan storage 256GB sih menurut gw asik banget kalo lu mau pake buat foto-foto, a lot of spaces, ditambah lagi tetep bisa simpen foto-foto nya di Cloud (dengan Google Drive atau Dropbox atau provider Cloud lainnya), in case udah mulai running out of space. Buat gw, ini sih plus point banget. Thumbs up deh buat Oppo.
Oh, iya, perlu gw highlight juga kalo vendor HP lain, pastinya ada yang ngasih storage lebih dari 256GB, bahkan sampai 1TB, tapi kenapa gw bilang 256GB ini Absolute Perfect, tentu ada alasannya, yaitu Pas atau Fit. Coba gw ajuin pertanyaan simple ke kalian ya, ada gak sih dari kalian yang bener-bener kehabisan storage lebih dari 256GB di sebuah HP, especially yang ada slot external memory (SD Card) dan bisa di-upload ke Cloud juga? Ada gak sih yang bener-bener pake storage sampe 1TB di HP-nya? Kalo emang ada, that’s okay, your choice, tapi coba liat lebih detil, bener gak sih kalian butuh segede itu storage-nya, jawabannya pasti cuma 1, not necessary.

Photo taken by Oppo Reno

Dan yang pasti gw bakal bahas di Obrolan ini adalah Kamera-nya si Oppo Reno Series – 10x Zoom ini, yang emang jadi andalan flagship terbaru dari Oppo ini. Oh, by the way, please note ya, gw bukan professional fotografer, gw hanya hobi dan suka motret.
Setelah gw pake Oppo Reno selama sebulanan ini, gw bener-bener ngerasa yakin deh kalo Oppo Reno is the real Camera Phone, yang artinya Kamera yang dikasih fitur HP. Karena hasilnya, Fantastic, lebih dari yang gw harapkan ketika gw memutuskan untuk beli HP ini. Seriusan, gak nyesel gw mutusin beli Oppo Reno 10x Zoom ini.

Beberapa pendapat gw mengenai Kameranya Oppo Reno:

  • Untuk mode Normal kameranya, ada mode Wide (lensa lebar), Normal zoom, 2x Zoom, 6x Zoom, dan 10x Zoom. Ini sih keren, serba lengkap, all-rounder kamera banget, mau wide bisa, zoom jauh juga bisa, gak bakal ketinggalan moment deh yang emang suka motret. Dan hasilnya tajem sampe ke 10X Zoom nya ya, ini Sadiisss…
Normal (1x Zoom) taken by Oppo Reno
2x Zoom taken by Oppo Reno
10x Zoom taken by Oppo Reno
  • Mode Portrait – Hasilnya tajem banget, walaupun bokehnya gak seperti kamera Mirrorless, DSLR, dan semacamnya, tapi untuk sebuah Camera Phone, ini udah luar biasa keren hasilnya. Dan ya, gw maklum banget, karena ini di processing pake software, dan hasilnya tetep gak mengecewakan. Mau kasih 1 komen aja untuk yang bilang hasil bokeh di Oppo Reno Series ini kasar, menurut gw sih sampe kapanpun bokeh via software versus bokeh via lensa kamera gak akan pernah bisa sama, karena teknologinya bener-bener lain, dan menurut gw, Oppo Reno ini, kelas bokehnya udah sangat layak diperhitungkan.
Portrait Mode taken by Oppo Reno
  • Night Mode – nah, ini yang menurut gw salah satu andalan lain dari Kameranya Oppo Reno, hasilnya bener-bener tajem walaupun dalam gelap, bahkan jauh dari ekspektasi gw ketika berpikir ini cuma Kamera Smartphone. Ini bahkan bisa ngalahin beberapa brand pocket camera, hasilnya gak ngecewain sama sekali. Walaupun kompetitornya, si H, juga punya Night Mode yang gak kalah oke-nya. Silahkan dinilai sendiri hasilnya.
Night Mode (10x Zoom) taken by Oppo Reno
Night Mode taken by Oppo Reno
  • 1 lagi yang perlu dibahas, Expert/Manual mode dari Kameranya Oppo Reno. Jelas di HP merek lain juga ada mode Expert/Manual, tapi menurut gw, dengan kualitas secanggih dan se-keren kameranya Oppo Reno, mode Expert/Manual ini sesuatu banget, kenapa? Karena lu jadi bisa eksplorasi banyak banget dengan kamera ini, seperti layaknya lu pake kamera mirrorless atau DSLR, e.g.: Long Exposure, Slow Shutter, dll. Dan hasilnya, seriously amazing!
Slow shutter taken by Oppo Reno

Well, ini beberapa pengalaman gw dalam sebulanan ini pake Oppo Reno 10x Zoom dan hasil-hasil fotonya. Gw yakin, semakin lama pake Oppo Reno ini, pasti bakal banyak yg bisa gw explore dan nge-hasilin foto-foto yg menarik, dengan teknologi kamera se-dahsyat ini dari Oppo.

Harapan gw sih semoga pengalaman gw ini bisa ngebantu kalian yang masih galau nyari HP baru.

Enjoy your day! ^_^

Cheers!

e.k.p
Founder of NgobrolYuk.com

About Ngobrol Yuk!

A blog that shares casual chat around us.
Chat about everything interesting and shares useful information for people around us.

You can chat with us and contribute to share more useful information by sending your Chat to hello@ngobrolyuk.com